Search

Google Yahoo Msn

30 Jan 2013

KEAJAIBAN PUASA DAUD




Puasa Daud adalah puasa yang dilakukan secara selang seling, Yakni sehari berpuasa dan sehari lagi berbuka. Apabila hari ini berpuasa maka esok tidak berpuasa dan lusa berpuasa dan begitu seterusnya.
Hukum menunaikan ibadah puasa Daud adalah sunnah. Jadi barangsiapa yang mengerjakannya niscaya mendapat pahala dan bagi yang meninggalkannya tidak ada masalah. Puasa sunnah yang paling utama sebagaimana diungkapkan dalam hadist Rasulullah SAW adalah puasa Daud. Mengingat puasa ini memiliki banyak keajaiban dan keistimewaan.
Adapun keajaiban-keajaiban yang secara umum dialami oleh orang-orang yang menjalankan puasa Daud diantaranya sebagai berikut:
1.           Terpelihara dari maksiat
     Orang yang senantiasa menjalankan puasa Daud, dengan niat ikhlas karena Allah niscaya akan terpelihara dari berbuat maksiat. Apabila ia akan melakukan suatu pekerjaan yang ada unsure maksiat niscaya akan selalu ada kekuatan ghaib (semacam bisikan) yang secara tiba-tiba menyeruak dalam hatinya. Jasmani dan Ruhaninya seperti ada yang menjaga, pagar yang membuat langkah dan sepak terjangnya selalu dalam bingkai aturan dan ridha Allah. Apabila ia berniat hendak melakukan kejahatan yakni menganiaya orang lain maka Allah akan memberinya rasa iba atau kasihan sehingga ia mengurungkan niat buruknya tersebut.

2.          Tumbuhnya akhlakul karimah (akhlak yang baik)
     Salah satu rahasia Puasa Daud yaitu dikaruniai budi pekerti yang luhur. Manakala bertutur kata senantiasa santun, sabar, rendah hati, suka mengalah, tidak egois, senang berteman sehingga orang lain melihatnya menarik dan penuh kesan.

3.          Menerima pemberian Allah dengan lapang hati
     Orang yang mengerjakan puasa Daud niscaya Allah mengaruniakan kepada orang tersebut rasa menerima terhadap apa saja pemberian Allah baik buruk maupun baik.

4.          Berfikir positif, kreatif dan inovatif
     Orang yang mengerjakan puasa Daud niscaya akan dikaruniai pikiran yang senantiasa positif.

5.          Menumbuhkan sifat Hilm (emosi dapat ditahan dengan baik)
     Rasa Hilm atau mampu menahan emosi akan dikaruniakan oleh Allah kepada orang yang istiqomah menjalankan puasa Daud. Sebab pada dasarnya orang yang hendak melakukan puasa Daud harus siap untuk bersifat sabar. Adapun cara mencegah marah itu yaitu dengan berwudhu’, Merubah posisi, dan mencari kesibukan.

6.          Menentramkan jiwa
     Orang yang menjalankan puasa Daud jiwanya akan merasa tentram, sebab ia merasa dekat dengan Allah dan Allah adalah Dzat dapat menolong setiap hamba-Nya yang membutuhkan pertolongan. Ketentraman jiwanya bisa dirasakan dimana saja dan kapan saja. Karena sesungguhnya ketentraman jiwa yang diperoleh oleh orang yang menjalankan puasa Daud tidak terikat oleh ruang dan waktu.

7.          Bertambah wibawa
     Orang yang biasa menjalankan ibadah puasa Daud niscaya dirinya akan bertambah wibawa di hadapan orang lain. Jika ia seorang guru ia akan disegani oleh murid-muridnya. Jika ia seorang bupati niscaya dihormati oleh bawahannya dan apabila dia seorang bawahan niscaya dia akan dihormati oleh atasannya.

8.          Mendatangkan rejeki yang tidak disangka-sangka
     Puasa Daud bisa menjadi salah satu pintu datangnya rejeki. Tentu saja hal ini adalah rejeki yang dapat mencukupi kebutuhan hidupnya.

9.          Menjadi hamba yang bersyukur
     Bersyukur merupakan salah satu ibadah mulia kepada Allah yang mudah dilaksanakan, tidak memerlukan tenaga dan pikiran. Bersyukur atas nikmat Allah berarti berterimakasih kepada Allah karena kemurahan-Nya. Dengan bersyukur berarti kita mengingat Allah yang Maha Kaya, Maha Pengasih, maha Penyayang, dan Maha Penyantun. Mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah kepada kita dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu bersyukur dengan hati nurani, bersyukur ‘billisan’ (dengan ucapan), bersyukur dengan perbuatan yang biasanya dialkukan oleh anggota tubuh.

10.      Suasana Rumah Tangganya senantiasa Harmonis
     Rumah tangga yang harmonis merupakan dambaan setiap orang. Sebab itu rumah tangga yang harmonis itu tercipta suasana yang nyaman, tenang, damai dan menyenangkan hati. Puasa Daud dapat dapat mendukung terciptanya keluarga yang harmonis (sakinah, mawaddah, warahmah).

Selian yang diungkapkan diatas Puasa Daud juga masih memiliki keajaiban-keajaiban lain misalnya seperti mengalah demi orang lain, menumbuhkan sifat percaya diri, menumbuhkan gairah menuntut ilmu, menuntut diri berbakti kepada kedua orang tua, terhindar dari celaan dan hinaan orang lain, senantiasa dihargai orang lain, menumbuhkan sifat tawadhdu’ (rendah hati), beribadah lebih khusyu’, senantiasa ikhlas dalam beramal, kehidupannya senantiasa rukun, damai dan tenteram bersama keluarga dan tetangga, rejekinya dicukupkan, peka dengan perkembangan zaman, menumbuhkan rasa penuh dosa, menumbuhkan rasa malu kepada Allah, semangat dalam memberdayakan orang lain, dapat diterima semua kalangan atau kejadian-kejadian luar biasa yang bisa dirasakan oleh orang yang menjalankan ibadah puasa Daud.

10 komentar:

  1. Puasa daud adalah termasuk amalan nabi daud yang di sunnahkan oleh nabi muhammad disamping sholat malam, dua amalan ini lebih dicintai allah Swt. faedahnya kita akan di cintai Allah Swt, amalan lain itu untuk kita pribadi, sedangkan puasa untuk allah Swt sehingga allah Swt yang akan memberikan pahalanya itu sendiri kepada kita yang berpuasa, baik berupa harta, tahta dan lainny, namun perlu diingat bahwa cinta allah swt tetap menjadi utama. salam dari Komunitas Sunnah Daud Sumatera Selatan. M. Hamdani, AMKep, SKM, M. Kes (Biomed).... buat kawan-kawan pencari cinta allah swt kita buat acara buka bersama yoo... tanggal 20 Mei 2013 di sekretariat KSD Sumsel. infak Rp 10.000,- kalau mau ikut sms ke 0711 790 8 790 aja. target kita ada 500 orang pengamal sunnah daud, sholat malam dan puasa daud.

    BalasHapus
  2. salam kenal tuk komunitas puasa daud

    BalasHapus
  3. terima kasih postingan nya sangat bermanfa'at........

    BalasHapus
  4. Usul saja sebaiknya warna tulisan adalah putih agar lebih enak dibaca. Salam hangat dr kami

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum. Smoga Allah meridhoi smua hal yg dilakukan berlandaskan hanya utk mndapatkan ridhoNYA. Amin

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum...terimaksih postingannya semakin meningkatkan niat sy untk puasa daud....

    BalasHapus
  7. Tks postingnya sangat bermanfaat barokallah, semoga mampu mengerjakan dgn istiqomah.

    BalasHapus
  8. Masukkan komentar Anda... Assalamualaikum.. Kenapa saya sdh sekitar 10 thn agak rajin ibadah (tahajud, puasa, dzikir dll) tapi nasib saya tdk berubah, tetap suram. Saya nganggur dan jomblo sngt lama, lbh dari 10 thn sampai skrng. Nyari jodoh dan rejeki rasa nya semakin sulit krn umur semakin tua. Dulu saat saya msh kerja di perantauan saya sering dihina teman, dibodohi teman, dimanfaatkan teman dll.. selain itu saya kalau kerja gampang capek, mata berkunang, nafas sesak, dada sakit, badan lemas dll.. shg saya mengundurkan diri dari perusahaan. Dulu saat saya msh giat nyari jodoh saya sering ditolak wanita, diremehkan wanita, ditipu teman, difitnah teman, dihajar org dll.. shg saya sering gagal dpt jodoh. Saya di kampung buka usaha kecil kecilan tp hasil nya tdk seberapa malahan akhir nya bangkrut. Mungkin krna saya org nya nampak bodoh dan lemah shg saya mengalami nasib spt ini. Yg bkin saya nampak bodoh dan lemah krn saat msh kecil saya sering sakit sakitan. Yg bkin saya sering sakit sakitan, kata seorg kyai dan menurut pendapat ayah saya, semua krn dampak ilmu kesaktian alm. kakek dan alm. uwa saya alias non medis. Org2 di sekitar saya, mrk jarang ibadah dan rajin maksiat tp mrk gampang dpt jodoh dan rejeki, krna mrk enerjik, tegas, percaya diri, pandai bergaul, pintar bicara dll. Beda dg saya yg pendiam, pemalu, minder, kuper dll. Dulu guru SMA saya ada yg bilang otak dan tenaga saya payah spt tdk pernah diimunisasi, ayah saya bilang saya spt org cacat mental, atasan saya ada yg bilang otak dan tenaga saya tdk memenuhi syarat utk bekerja, adik saya bilang saya idiot dan tdk berguna, pak lik saya bilang saya org bodoh, teman2 saya ada yg bilang saya bodoh dan lemah, ada yg bilang saya org aneh, ada yg bilang saya manusia setengah jadi, ada yg bilang saya tdk punya masa depan dll.

    BalasHapus
  9. Harrah's Resort Southern California Announces Opening of
    The 속초 출장샵 Harrah's 평택 출장안마 Resort Southern California 공주 출장마사지 (Harrah's) 제주도 출장마사지 Resort 남원 출장안마 Southern California on April 1st is officially open. Harrah's Resort Southern California (Photo by

    BalasHapus